Selasa, 25 Februari 2020

Pembinaan Anak Juara Wilayah Pulomerak Suralaya Periode Februari 2020



Cilegon (16/02/20), Minggu Pagi Rumah Zakat kembali melakukan pembinaan rutin bagi anak-anak penerima beasiswa pendidikan Anak Juara (AJ) di wilayah Pulomerak, pembinaan berlangsung di Mushola SMAN 4 Cilegon. Siswa tingkat SD begitu antusias mengikuti kegiatan pembinaan, bahkan ada yang sudah hadir di mushola sejak pukul 07.30 pagi.

Cuaca pada saat itu mendung bahkan sempat terjadi hujan kecil, beberapa anak juara dari SMA terlambat sekitar 20 menit. Sebelum dipisah sesuai jenjang, semua siswa dikumpulkan terlebih dahulu mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi untuk melakukan kegiatan pembukaan. Pembukaan diawali dengan bismillah, salam sapa, serta absensi kehadiran.

Kegiatan yang sudah menjadi agenda wajib pagi penerima beasiswa ini diikuti oleh kurang lebih 12 anak, terdiri dari 5 tingkat SD, 1 tingkat SMP, 5 tingkat SMA/SMK serta 1 tingkat perguruan tinggi. 2 diantaranya yang hadir adalah siswa non beasiswa yang tertarik mengikuti pembinaan karena diajak oleh siswa anak juara lainnya. Setelah acara pembukaan, kemudian mulai dilakukan pengelompokan. kelompok 1 terdiri dari siswa SD dan SMP, kelompok 2 merupakan siswa tingkat SMA/SMK. Materi yang disampaikan berbeda setiap kelompoknya, untuk SD dan SMP tema yang dibahas adalah menjauhi prasangka buruk sedangkan tingkat SMA tema yang dibahas adalah bahaya kecanduan gadget.

Sebelum materi disampaikan setiap siswa wajib untuk mengaji terlebih dahulu dan setor hafalan juz 30. Saat mengaji satu-persatu secara bergantian, anak-anak memiliki kesempatan untuk menghafal sambil menunggu panggilan, keseriusan tampak pada anak-anak juara saat sedang berusaha menghafal ayat-ayat alqur’an.

Salah satu anak juara SMA bernama sunarto memiliki suara indah saat mengaji/bertilawah, bahkan nyaris tidak ditemukan kesalahan terhadap bacaan tajwidnya. Saat di tanya, ternyata ayah sunarto memang merupakan guru ngaji dan juga qori, sunarto sendiri berguru kepada ayahnya.

Selain sunarto sugito juga ikut mengaji dengan ayah sunarto. Mudah-mudahan sunaro dan sugito terus istiqomah dan kelak bisa menjadi qori dan hafidz, aamiin. Insyaallah jika kita bersunguh-sungguh mempelajari alqur’an kemampuan akademik pun akan ikut meningkat. Bagi siswa yang sudah mengaji dan setor hafalan, mentor telah menyediakan susu dan juga snack cokelat untuk anak juara. Setelah semua siswa setor hafalan materi mulai di sampaikan.

Selesai materi semua jenjang kembali dikumpulkan untuk melakukan penutupan sekaligus penyaluran beasiswa dan agenda terakhir adalah dokumentasi bersama, bisa dikatakan agenda pembinaan pekan ini berjalan dengan lancer hingga acara selesai.

Kontributor: Mukti Lestari


0 comments